LABORATORIUM UJI

 

BPMB memiliki banyak labpratorium uji, yang di fungsikan untuk pengujian berbagai macam produk klien, di antaranya adalah:

  1. Laboratorium Uji Pangan dan Pakan
  2. Laboratorium Uji Organoleptik dan Mikrobiologi
  3. Laboratorium Uji Mekanik
  4. Laboratorium Uji Listrik
  5. Laboratorium Uji non Pangan
Laboratorium Uji Pangan dan Pakan 

BPMB melayani pengujian untuk produk makanan, baik bahan mentah, setengah jadi maupun olahan seperti jagung, beras, minyak goreng, mentega, susu, biskuit, AMDK, tepung terigu, kakao bubuk, kopi, teh serta menjadi laboratorium acuan nasional pengujian residu pestisida ( penyelanggara uji profisiensi, penyedia informasi Certified Refference Material (CRM) dan pengadaan pelatihan.

 

LABORATORIUM UJI ORGANOLEPTIK

BPMB melayani pengujian organoleptik untuk produk makanan, minuman dan komoditi pertanian seperti teh, kopi, kakao. Uji organoleptik diantara lain pengujian terhadap kenampakan, bau, tekstur dan cita rasa. Metode pengujian yang digunakan adalah metode SNI yang berlaku.

 

LABORATORIUM UJI MIKROBIOLOGI

BPMB melayani pengujian mikrobiologi untuk produk makanan, minuman dan komoditi pertanian. Ruang lingkup pengujian mikrobiologi BPMB diantara lainpengujian Total bakteri, Total Kapang-Khamir, Total organism lipolitik, Enterobacteriaceae, Coliform, E. coli, Salmonella, S. aureus, B. cereus, P. aeruginosa, C. perfringens, L. monocytogenes, Enterococci. Metode pengujian yang digunakan adalah metode SNI, SNI ISO, BAM maupun metode independen yang dikembangkan oleh laboratorium

 

LABORATORIUM UJI MEKANIK

BPMB melayani pengujian untuk produk hasil hutan dan olahannya, produk otomatif dan bahan konstruksi seperti karet konvensional, karet alam spesifikasi teknis (SIR), kayu lapir, furniture, ban kendaraan bermotor serta semen dan helm.

LABORATORIUM UJI LISTRIK

BPMB melayani pengujian untuk produk elektronika, barang listrik dan peralatan rumah tangga seperti kabel, batu baterei, lampu swabalast, kipas angin, tusuk kontak dan kotak kontak, Motor Circuit Breaker (MCB), setrika listrik, televisi, pompa air, kulkas dan peralatan rumah tangga lainnya.

 

LABORATORIUM UJI NON PANGAN

BPMB melayani pengujian untuk produk hasil industri kimia, produk tambang, mineral dan minyak bumi seperti minyak diesel, batubara, pupuk, minyak pelumas, minyak atsiri, batu-batuan, kosmetik, tekstil, garmen dan mainan anak.

 

Kelima laboratorium uji tersebut di operasikan oleh penguji dan operator yang profesional serta menjunjung tinggi standar operasi yang ada, sehingga hasil dari pengujian adalah hasil yang paling tepat dan objektif dengan metode handal yang di lakukan oleh penguji nomor satu di kementerian perdagangan.