KEGIATAN SURVEILEN OLEH KAN DI LABORATORIUM BPMB

Nov 07, 2017
admin

Laboratorium Balai Pengujian Mutu Barang (BPMB) adalah salah satu Laboratorium yang sudah terakreditasi oleh KAN sejak tahun 1998, sampai dengan sekarang ruang lingkup yang sudah terakreditasi sebanyak 243  komoditi, verifikasi dan validasi metode pengujian terus dilakukan disetiap tahun untuk meningkatkan jumlah ruang lingkup yang sudah ada, Ibu  kepala BPMB di Jakarta   menyampaikan di pembukaan asesmen bahwa ucapan selamat datang kepada para asesor dan menyampaikan bahwa pada saat ini laboratorium BPMB berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan pengujiannya. Beliau juga menyampaikan struktur pengelolan laboratorium BPMB saat ini terdiri atas 7 Manajer Teknis yaitu (MT Lab Pangan dan Pakan, MT lab Residu Pestisida dan Kontaminan Kimia, MT lab Organoleptik dan Mikrobiologi, MT lab Mekanik, MT lab Listrik, MT lab Kimia non Pangan dan MT lab Tekstil dan Aneka Industri ).

Asesmen yang dilakukan di Laboratorium BPMB di Jakarta dilakukan pada tanggal 23 s/d 24 Oktober 2017 yang kali ini asesor yang dipilih dari KAN diantaranya : Ibu Murtiningsih, MappSC (Lead Asesor) dengan anggota : Bpk. Raymond Amir, Bpk. Rahmat Satoto, Bpk. Fitri Muhamady, Bpk. Irwan I., Bpk. Johnson S., Bpk. Achmad R., Bpk. Hara I., dan Bpk. Eman Sulaeman. Pada kegiatan tersebut tiap tiap asesor didampingi masing-masing Manajer terkait di dalam kegiatan surveilan dan dalam kegiatan tanya jawab.

Dari hasil asesmen didapatkan Secara umum Laboratorium BPMB telah menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2008 dalam melakukan kegiatan pengujian sesuai lingkup yang diakreditasi. Penerapan sistem manajemen mutu tersebut didukung oleh sumberdaya manusia yang kompeten, peralatan, metode pengujian dan sarana pendukung yang memadai. Komitmen pimpinan pundak dalam peningkatan sistem manajemen mutu tercermin dari program peningkatan kompetensi personel, verifikasi metode pengujian, uji profisiensi, pelayanan kepada pelanggan dan kegiatan lain yang mendukung.

Pada saat pertemuan penutupan lead asesor menyampaikan Laboratorium BPMB konsisten menerapkan SNI/IEC 17025:2008 dan diharapkan temuan yang ada dapat diselesaikan sebelum 3 Desember 2017, sehingga kepala balai menanggapi akan segera koordinasi dan memberikan masukan terkait temuan yang ada dan akan diselesaikan segera mungkin.

 

homepica

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *