Pengujian Organoleptik Teh Hitam

Nov 08, 2016
admin

Pengujian organoleptik adalah pengujian yang didasarkan pada proses pengindraan. Pengukuran atau penilaian dilakukan dengan memberikan rangsangan pada organ tubuh (indera). Pengujian organoleptik terhadap produk pangan dan hasil pertanian mempunyai peranan penting dalam penetapan mutu. Melalui pengujian organoleptik, keunggulan dari suatu produk dapat dinilai.  Selain itu,  kebusukan, kerusakan dan kemunduran mutu dari produk juga dapat diketahui.

Laboratorium organoleptik Balai Pengujian Mutu Barang (BPMB) adalah laboratorium yang terakreditasi untuk pengujian organoleptik terhadap produk pangan seperti tepung terigu, kakao bubuk, susu, AMDK,   dan lain sebagainya. Selain itu, Lab organoleptik BPMB juga mampu melakukan pengujian  terhadap hasil pertanian seperti teh, biji kopi dan biji kakao untuk parameter yang termasuk dalam persyaratan  umum SNI.

Menurut SNI 01-1902-2016,teh hitam dipersyaratkan keadaan fisik dan organaoleptiknya. Pengujian ini dimaksudkan untuk menentukan tingkat mutu teh melalui pengujian secara inderawi. Untuk menilai outer quality , pengujian secara visual dilakukan terhadap kenampakan teh kering dan kenampakan ampas seduhan. Sedangkan, inner quality dinilai dari warna air seduhan, bau dan rasanya. Untuk melakukan pengujian fisik dan organoleptik terhadap teh hitam diperlukan penguji mutu  yang terlatih dan secara teknis mampu melakukan deteksi, pengenalan dan memberikan penilaian dengan rentang nilai tertentu serta mampu mengurutkannya sesuai penilaian yang diperoleh.

BPMB memiliki penguji mutu teh yang terlatih yang mampu melakukan pengujian mutu terhadap parameter fisik dan organoleptik teh hitam.  Dari hasil penilaian oleh penguji mutu yang kompeten terhadap parameter kenampakan kering, kenampakan air seduhan dan warna serta rasa air seduhan  dapat disimpulkan tingkat mutu dari teh hitam tersebut. Bagi produsen, hasil pengujian fisik dan organoleptik teh hitam dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan produksi dan pemasaran.  Kemampuan BPMB dalam melakukan pengujian fisik dan organoleptik disamping pengujian parameter kimia dan mikrobiologi yang merupakan persyaratan khusus, mendukung kemampuan  BPMB  dalam pengujian teh hitam sesuai SNI 01-1902-2016.

 

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *